Apa itu kanker ?

Apa itu Kanker?

 

Penyakit kanker

Penyakit kanker

Apa itu Kanker ?
Kanker adalah istilah yang digunakan untuk penyakit di mana sel-sel abnormal membelah tanpa kontrol dan mampu menyerang jaringan lain. Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui darah dan sistem limfe.

Kanker bukan hanya satu penyakit tapi banyak penyakit. Ada lebih dari 100 berbagai jenis kanker. Sebagian besar kanker diberi nama untuk organ atau jenis sel di mana mereka mulai – misalnya, kanker yang dimulai di usus besar disebut kanker usus besar; kanker yang berawal di sel-sel basal kulit disebut karsinoma sel basal.

Kanker terjadi saat sel-sel dalam tubuh membelah diri diluar kendali. Sel-sel abnormal ini kemudian menyerang jaringan terdekat, atau berpindah ke daerah yang jauh dengan cara masuk ke dalam pembuluh darah atau sistem limpatik.

Agar tubuh manusia berfungsi secara normal, setiap organ tubuh harus memiliki sejumlah sel tertentu. Sel-sel ini dalam sebagian besar organ, memiliki usia yang pendek, dan untuk menjaga fungsi tubuh, sel-sel ini harus digantikan melalui proses pembelahan sel.

Pembelahan sel dikendalikan oleh gen yang terletak pada inti sel. Mereka berfungsi seperti buku instruksi yang memerintahkan sel, protein apa yang harus dibuat, bagaimana cara sel membelah dan berapa lama usia mereka. Kode genetik ini bisa rusak akibat beberapa faktor yang kemudian menimbulkan cacat dalam buku instruksi tersebut. Cacat ini dapat secara dramatis mengubah fungsi sel. Bukannya berhenti, namun bisa saja sel terus menerus membelah diri, bukannya mati, sel tersebut bisa saja terus bertahan hidup.

Kanker

Kanker

Beberapa mekanisme bekerja untuk mencegah kerusakan genetik ini terjadi dan untuk menyingkirkan sel abnormal secara genetis dari dalam tubuh. Namun pada beberapa orang, pertahanan tubuh ini kurang dan populasi sel abnormal bisa saja lolos dari kendali tubuh. Inilah sel-sel kanker yang kemudian berkerumun dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat/normal.

Sel-sel kanker membutuhkan nutrisi untuk bertahan dan bertumbuh. Banyak tipe kanker dapat menstimulasi pertumbuhan pembuluh darah untuk menyediakan bahan makanan yang mereka butuhkan. Bahkan kata kanker itu sendiri berasal dari bahasa latin Cancri yang berarti kepiting. Hal ini dikarenakan bentuk pembuluh darah yang besar yang mengelilingi tumor dianggap berbentuk seperti capit serta kaki-kaki kepiting bagi orang-orang jaman dahulu.

Jenis kanker dapat dikelompokkan ke dalam kategori yang lebih luas. Kategori utama kanker termasuk:

  • Carcinoma – kanker yang dimulai di kulit atau pada jaringan yang mencakup garis atau organ internal.
  • Sarcoma – kanker yang dimulai di tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, atau lainnya atau mendukung jaringan penghubung.
  • Leukemia – kanker yang dimulai di jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan sejumlah besar sel darah abnormal diproduksi dan masukkan darah.
  • Lymphoma and myeloma – kanker yang dimulai di sel-sel sistem kekebalan tubuh.
  • Central nervous system cancers – kanker yang dimulai di jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

Apa saja penyebab Kanker ?
Penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti, karena merupakan gabungan dari sekumpulan faktor, genetik dan lingkungan. Namun ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko kanker, sebagai berikut:

  • Faktor Keturunan
    Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi menderita kanker tertentu dibandingkan keluarga lainnya.
  • Faktor Lingkungan
    Merokok meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih. Faktor lingkungan lainnya, yaitu Sinar Ultraviolet matahari serta radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom hingga menjangkau jarak sangat jauh.
  • Faktor Makanan Berbahan Kimia
    Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan.
  • Faktor Terserang Virus
    Virus yang dicurigai dapat menyebabkan kanker antara lain : 1) Virus Papilloma; 2) Virus Sitomegalo; 3) Virus Hepatitis B; 4) Virus Epstein – Bar; 5) Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya. Infeksi Parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi menahun pada kandung kemih.
  • Faktor Perilaku
    Perilaku yang dimaksud adalah merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang diawetkan juga peminum minuman beralkohol. Selain itu, perilaku seksual yaitu melakukan hubungan intim diusia dini dan sering ganti pasangan.

Gangguan Keseimbangan Hormonal :> Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria.

  • Faktor Kejiwaan
    Stres berat dapat menyebabkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan tegang terus menerus dapat mempengaruhi sel, dimana sel jadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker.
  • Radikal Bebas
    Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas tidak berpasangan dilingkaran luarnya.

Sumber-sumber radikal bebas yaitu :

  • Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolism
  • Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan , minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari
  • Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme) atau bila kita dalam keadaan stress berlebihan, baik stress secara fsik, psikologis,maupun biologis.

Pencegahan Kanker
Kanker dapat dicegah dengan menghindari penyebab dan faktor risiko serta berperilaku hidup sehat. Cara hidup sehat yang dapat menurunkan risiko kanker adalah :

•    Mengurangi makan makanan berlemak
•    diet seimbang dan olahraga teratur
•    Mengurangi makan makanan yang diawetkan
•    Membatasi minum minuman mengandung alcohol
•    Lebih banyak makan makanan berserat
•    Lebih banyak makan makanan mengandung vitamin A dan C
•    Lebih banyak makan makanan yang segar
•    Hindari kebiasaan merokok
•    Olah-raga teratur (4x/minggu, 30-60 menit)
•    Keseimbangan dalam hidup
– Upayakan hindari stres
– Sediakan waktu untuk bersantai bersama keluarga dan melakukan hobby
– Taat beribadah
•    Periksakan kesehatan secara teratur
– Vaksinasi (Vaksinasi untuk Hepatitis dan HPV)
– Uji kesehatan umum
– Deteksi dini kanker
– Perhatikan setiap perubahan pada diri
– Ketrampilan untuk memeriksa diri sendiri seperti: SADARI (Periksa Payudara Sendiri )

Kanker juga mudah diobati jika ditemukan dalam stadium dini. Biasanya jika gejala telah banyak dirasakan, kanker sudah dalam keadaan lanjut.

 Berikut jenis – jenis penyakit kanker adalah

Jenis - jenis penyakit Kanker

Jenis – jenis penyakit Kanker

  1. Kanker Serviks
    Kanker ini terjadi pada bagian serviks yang menghubungkan uterus dengan vagina. Kejadiannya sangat tinggi didunia, terutama pada wanita. Kanker serviks biasanya terjadi pada wanita di bawah usia 50 tahun.
  2. Kanker Payudara
    Berdasarkan data dari American Cancer Society, ada sekitar 226.870 kasus kanker payudara yang terjadi tahun ini dan sekitar 2190 kasus terjadi pada pria. Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita setelah kanker kulit.
  3. Kanker Otak
    Kanker otak adalah kanker  yang menyerang  otak  pada  bagian  luarnya  yakni  tiga  bagian  lapis  selaput  otak  dan  bagian  tulang tengkorak.
  4. Kanker Hati
    Kanker hati adalah tumor ganas yang menyebabkan kerusakan bentuk dan fungsi organ hati. Dalam keadaan normal sel hati akan membelah diri jika ada penggantian sel-sel hati yang telah mati dan rusak.
  5. Kanker Ovarium
    Kanker ini kebanyakan terjadi pada wanita pasca menopause. Tidak ada tes screening khusus untuk kanker ovarium. Silahkan baca artikel saya tentang kanker ovarium lebih lengkap!
  6. Kanker Pankreas
    Kanker pankreas ini terjadi di bagian pankreas dekat dengan hati. Silahkan juga baca artikel saya tentang kanker pankreas lebih lengkap!
  7. Kanker Mata
    Kanker ini terjadi di mata. Meski tergolong jarang, namun tetap patut kita waspadai.
  8. Kanker Lidah
    Kanker lidah adalah penyakit kanker yang terjadi di bagian lidah. Di Indonesia sendiri kanker lidah tergolong penyakit langka dan tidak begitu dikenal masyarakat, namun kanker ini termasuk yang cepat menyebabkan kematian.
  9. Kanker Prostat
    Berdasarkan penelitian 2 dari 3 orang yang menderita kanker prostat adalah pria yang berumur lebih tua dari 65 tahun.
  10. Kanker Kulit
    Kanker kulit ini berasal dari sel-sel penghasil pigmen (melanosit). Jenis kanker ini biasanya terjadi pada orang di bawah usia 30 tahun.
  11. Kanker Lambung
    Kanker ini terjadi dilambung. Seperti pada kanker lainnya. Kanker ini juga perlu kita waspadai.
  12. Kanker Saluran Empedu
    Kanker ini berupa adanya masa di saluran empedu bagian bawah, telah menyumbat  sistim saluran empedunya.
  13. Kanker Kandung Kemih
    Kanker ini terjadi pada kandung kemih yang merupakan salah satu organ tubuh yang terletak dibagian bawah perut, fungsinya bekerja untuk menahan dan melepaskan air seni.
  14. Kanker Endometrium
    Kanker dinding rahim terjadi ketika sel-sel dinding rahim mengalami perubahan dan mulai tumbuh tidak terkontrol ketika sel-sel tersebut tumbuh dan bertambah banyak, maka terbentuklah benjolan yang disebut tumor.
  15. Kanker Usus
    Kanker  usus  besar  adalah  hasil  yang  cepat dari jaringan di usus besar. Baca saja artikel saya tentang kanker ini di artikel-artikel saya yang lain.
  16. Kanker Leukemia
    Kasus leukemia tahun ini telah terjadi pada 47.150 orang, berdasarkan data National cancer Institute.
  17. Kanker Paru-Paru
    Penyakit  ini  biasanya menyerang  usia  antara  55  dan  65 tahun. Termasuk jenis kanker yang tingkat kejadian yang tinggi didunia.
  18. Kanker Nasofaring
    Merupakan kanker yang terdapat pada nasopharing, berada di antara belakang hidung dan esofagus.
  19. Kanker Testis
    Sebanyak 8.590 kasus kanker testis terjadi tahun ini berdasarkan data dari National Cancer Institute. Penderitanya paling banyak adalah pria pada usia 20 sampai 35 tahun.

Cara Alami Mencegah Penyakit Kanker

Kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya. Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa “ganas” (bersifat kanker) atau “jinak” (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain.

Sudah tahu bukan bagaimana ganasnya penyakit kanker ini ? Sebenarnya penyakit kanker ini masih bisa di obati dan dalam beberapa kasus banyak pasien yang bisa sembuh, akan tetapi masih tergolong sedikit, karena biasanya kanker akan datang kembali. Maka dari lebih baik mencegah kanker sejak dini, dari pada sudah terlanjur terkena akan sulit untuk diobati. Seperti ungkapan “lebih baik mencegah dari pada mengobati”. hal inilah mendasari dibuatnya artikel ini. Untuk mencegah kanker diperlukan pengetahuan yang luas, dan disiplin dalam menjaga kualitas hidup kita.

Pencegahan Penyakit kanker  “mencegah lebih baik daripada mengobati ” – Agar terhindar dari Penyakit kanker , lakukan cara pencegahan penyakit  kanker  Berikut ini beberapa cara mencegah kanker yaitu:

  • Memeriksa resiko karena keturunan
    Salah satu penyebab kanker berasal dari faktor keturunan. Jika ada orangtua atau saudara yang menderita kanker, sangat mungkin kanker juga menyerang anggota keluarga lainnya. Untuk itu mengetahui ada tidaknya anggota keluarga yang pernah terkena kanker sangat penting sebagai upaya mencegah kanker.
  • Hindari makanan yang dibakar atau diasap
    Usahakan untuk menghindari makanan yang dibakar atau diasap, karena makanan seperti itu beresiko terkena penyakit kanker. Contohnya seperti ikan asap atau ayam bakar.
  • Menjauhi alkohol
    Alkohol sebenarnya dapatkan dijadikan obat untuk tubuh, akan tetapi pada kenyataannya dikehidupan sehari-hari alkohol dikonsumsi seperti air putih dan berlebihan. Hal itulah yang membuat anda akan beresiko terkena kanker. Hindari dan jauhi minuman alkohol jika anda tidak tidak ingin terkena kanker.
  • Menghindari kebiasaan merokok
    Kebiasaan merokok juga sangat tidak baik pada kesehatan, tidak hanya beresiko terkena kanker, akan tetapi banyak penyakit yang akan alami jika merokok, seperti impotensi, penyakit jantung, bronkitis dan gangguan janin. Jika anda mau mencegah kanker, menghindari kebiasaan merokok merupakan langkah yang tepat.
  • Menghindari makanan berlemak
    Lemak memang diperlukan oleh tubuh, akan tetapi jika anda berlebihan dalam mengkonsumsinya lemak akan menumpuk dan memicu terjadinya kanker pada tubuh anda. Lebih baik hindari makanan berlemak, apalagi lemak tinggi.
  • Makan makanan kaya serat dan Antioksidan
    Makanan yang kaya akan serat dan antioksidan sangat baik dalam mencegah kanker, hal ini sudah dibuktikan oleh para peneliti. Karena antioksidan merupakan salah satu zat yang sangat baik untuk mencegah kanker. Artikel terkait : “7 Makanan Berserat Tinggi yang Baik bagi Kesehatan”
  • Rutin olahraga
    Berolahraga merupakan cara yang baik untuk mencegah kanker. Karena lemak akan terbakar dalam proses olahraga, dan daya tahan tubuh anda menjadi lebih kuat. Olahraga yang paling gampang untuk mencegah kanker itu seperti lari pagi, jalan santai, maupun ngegym.
  • Konsumsi vitamin A, C, dan E
    Dengan mengkonsumsi vitamin A,C, dan E sangat baik untuk mencegah kanker. Selain fungsi sebagai vitamin untuk menambah daya tahan tubuh, vitamin ini juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mencegah resiko terjadinya kanker.
  • Mengkonsumsi Teh Hijau
    Polyphenol yang terdapat dalam teh hijau merupakan antioksidan paling potensial. Di mana dia mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang minum teh hijau secara berkala bisa mencegah resiko kanker. Untuk lebih lengkapnya baca artikel ini “Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kesehatan”
  • Temui dokter Anda secara teratur untuk check-up dan ujian skrining terhadap kemungkinan kanker lidah.
  • Mulailah dengan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang sehat alami istirahat yang teratur
  • Minum Obat Herbal Alami untuk terapi pengobatan atau mencegah terjadinya datangnya penyakit.

 

Untuk itu kami sebagai toko obat herbal online terpercaya yang membuka gerai Toko Herbal Shop Pasarinternet Indonesia menawarkan Produk Herbal Alami yang dapat mengobati Penyakit Kanker yang telah lama Anda rasakan

Anda dapat langsung datang ke toko kami toko obat herbal , toko online terpercaya , toko Herbal Shop ( alamat lengkap ada didalam website ini )  .Atau bagi Anda yang berada di luar wilayah Jabotetabek bisa kita kirim melalui jasa pengiriman terpercaya seperti TIKI, JNE ,POS INDONESIA , DAKOTA atau jasa pengiriman lainnya yang terpercaya.

Untuk Anda yang berminat silahkan langsung hubungi CS kami di kontak person yang berada disebelah kanan website ini.